Karena Anak Adalah Amanah Dari Allah

Sudah selayaknya kita bertakwa dan bertawakal dalam memperlakukan mereka -anak anak kita- sebagaimana Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam memperlakukan anak-anak.

Ummu Al Fadhl pernah bercerita bahwa suatu ketika ia menimang seorang bayi. Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam mengambil bayi itu lalu menggendongnya, tiba tiba sang bayi pipis dan membasahi pakaian Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam, langsung saja ia renggut bayi itu dari gendongannya. Lalu Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam menegurnya, “Pakaian yang bersih dapat dibersihkan dengan air, tetapi apa yang dapat menghilangkan kekeruhan dalam jiwa anak akibat renggutanmu yang kasar itu?” Dalam suatu majelis Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam mengingatkan para sahabatnya, “Hormatilah anak-anakmu dan didiklah mereka. Allah ‘Azza wa jalla memberi rahmat kepada seseorang yang membantu anaknya sehingga sang anak dapat berbakti kepadanya.” Kemudian salah seorang sahabat bertanya, “Ya Rasulullah, bagaimana cara membantu anakku sehingga ia dapat berbakti kepadaku?” Nabi Menjawab, “Menerima usahanya walaupun kecil, memaafkan kekeliruannya, tidak membebaninya dengan beban yang berat, dan tidak pula memakinya dengan makian yang melukai hatinya.” (HR Abu Daud)

Al Bukhari dan Muslim meriwayatkan bahwa Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda: ”Sesungguhnya Allah itu maha lembut serta menyukai kelembutan disegenap permasalahan”. Semoga kita semua bisa menjadi orang tua yang mampu mendidik anak-anak kita dengan cara yang baik dan lembut sesuai syariah Islam secara kaffah.

#Rumahmumtaz #MendidikAnakSholeh #ParentingIslami


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat